Sabtu, 02 April 2011

sel

sel pertama kali ditemukan oleh ilmuwan inggris yang bernama Robert Hooke (1665) ketika mengamati penampang melintang sayatan tipis gabus dari batang. bisa dilihat pada gambar di samping .
 Hooke melihat rongga kosong segi enam yang mirip kamar sehingga ia menamakan sel adalah (cellula = kamar ). pada sat itu para ahli mulai melakukan percobaan tentang sel dan lahir lah beberapa ahli pada tahun (1838) yaitu Mathias J. Schleiden dan Theodor Schwann ilmuan ini berasal dari jerman   yang membutikan bahwa sel hidup bukan kamar-kamar kasong, melainkan berisi cairan sitoplasma yang mendukung segala aktivitas dasar makhluk hidup.
  pada saat itu lahir lah teori yaitu teori sel, teori sel tersebut menyatakan bahwa semua makhluk hidup terseusun dari sel
 Sel merupakan unit struktural dan fungsional terkecil pada makhluk hidup. sel sebagai unit strukturah terkecil bermakna bahwa sel merupakan penyusun yang mendasar bagi tubuh makhluk hidup. setiap sel tersusun dari berbagai bagian, yaitu membran plasma, inti sel (nukleus), sitoplasma, dan organel sel. pada makhluk multiseluler sel-sel yang serupa berkumpul bersama dan menjalankan satu fungsi yang sama membentuk jaringan. jaringan -jaringan yang berbeda menyusun suatu organ yang memiliki fungsi tertentu. Organ - organ yang berbeda bekerja bersama-sama membentuk suatu sistem organ.
  Sel sebagaiunit fungsional bermakna baha sel atau sel-sel penyusun tubuh makhluk hidup melakukan suatu fungsi atau kegiatan proses hidup. fungsi yang dilakukan oleh sel adalah respirasi, ekskresi, transportasi, sintesis, reproduksi, sekresi dan respon (tanggapan) terhadap rangsangan . sel juga merupakan unit hereditas atau pewaris yang menurunkan sifat genetis dari satu generasi kepada generasi berikut nya.

  Fungsi Sel
    tumbuhan, hewan, manusia, dan makhluk hidupyang lain ersusun dari sel. sel dapat dianggap sebagai ''kantung'' kecil, meskipun kenyataannya jauh lebih rumit dari sekadar kantung.Sebagian besar sel tersusun dari air dan komponen kimia utama, misalnya protein, karbohidrat, lemak dan asam nukleat."kantung" tersebut tersusun dari dua lapis membranfosfolipid yang bersifat selektif permeabel, yang berati hanya molekul tertentu saja dapat masukdan keluar sel.
    sel pada dasarnya mengandung sitoplasma(plasma di dalam sel) dan nukleoplasma(plasma di dalam sel). sitoplasma berisi sitosol (cairan plasma) dan organel-organel(organ-organ sel), sedangkan nukleoplasma ber isi cairan inti sel, anak inti(nuklelus), dan kromosom yang mengandung DNA, DNA merupakan molekul pembawa informasi genetik yang pada saat tertentu terpaketkan menjadi kromosom.



   Sel Prokariotik
  Sel prokariotik adalah sel tanpa membran inti. Sel prokariotik berukuran 1-10 um. Sel ini memiliki materi genetik berupa DNA yang tidak dibungkus membran inti. DNA pada sel prokariotik berbentuk sirkluler atau disebut nukleoid. Di luar nukleoid terdapat juga DNA sirkuler lain sengan ukuran yang lebih kecil yang disebut plasmid. sebagian besar sel prokariotik memiliki diding sel. Aktivitassel terjadi pada membran plasma dan di dalam sitoplasma.



   Sel Eukariotik
 Sel eukariotik adalah sel yang memiliki membran inti, sehingga terjadi pemisahan antara inti sel dan sitoplasma. kesatuan inti sel dan sitoplasma pada sel eukariotik disebut protoplasma. Sel eukariotik memiliki sejumlahorganel yang masing-masing memiliki fungsi spesifik. Contoh sel eukariotik yaitu sel hewan an sel tumbuhan.
   
   Sel hewan
   Sel hewan adalah nama umum untuk sel eukariotik yang menyusun jaringan hewan. Sel hewan berbeda dari sel eukariotik lain, seperti sel tumbuhan, karena mereka tidak memiliki dinding sel, dan kloroplas, dan biasanya mereka memiliki vakuola yang lebih kecil, bahkan tidak ada. Karena tidak memiliki dinding sel yang keras, sel hewan bervariasi bentuknya. Sel manusia adalah salah satu jenis sel hewan.

  Sel tumbuhan
   sel tumbuhan adalah bagian terkecil dari setiap organ tumbuhan. sel tumbuhan adalah  penggerak darisuatu tumbuha itu sendiri.


Persamaan sel tumbuhan dan sel hewan
  sel tumbuhan dan sel hewan memiliki persamaan dan perbedaan ciri serta fungsi. persamaan ada pada bagian atau organel-organel penyusun kedua sel tersebut, yaitu membran plasma, inti sel, sitoplasma, sitoskeleton, ribosom, retikulum endoplasam (RE), badan golgi atau aparatus Golgi, lisosom, perksisom, dan mitokondria.

2 komentar: